Ok temen-temen kali ini Saya akan post soal dan jawaban mengenai AI (Artificial Inteligence) / Kecerdasan Buatan yang saya temui di buku tugas saya dulu, dan pertanyaan ini pula sering ditanyakan oleh dosen yang tentunya berada di lingkup TI.
Disini hanyalah soal yang sederhana tapi tenang jawabannya gak sesederhana itu, karena jawabannya akan saya kutif dari sebuah buku, dan bukunya juga bukan kaleng-kaleng.
Baiklah kita mulai saja.
Soal
- Jelaskan definisi dari Kecerdasan Buatan!
- Jelaskan Sejarah Kecerdasan Buatan!
- Jelaskan sub disiplin ilmu dari Kecerdasan Buatan!
- Jelaskan contoh penggunaan Sistem Kecerdasan Buatan!
- Apakah yang dimaksud deangan Soft Computing? Jelaskan dan Berikan Contohnya!
Jawab
- Kecerdasan Buatan berasal dari Bahasa Inggris (Artificial Inteligence) atau disingkat AI. Inteligence adalah kata sifat yang berarti cerdas, sedangkan Artificial artinya buatan. Kecerdasan Buatan yang dimaksud disini merujuk pada mesin yang mampu berfikir, menimbang tindakan yang akan diambil dan mampu mengambil keputusan seperti yang dilakukan manusia. Baca Juga Definisi Kecerdasan Buatan Menurut para Ahli
- Artificial Intelegence atau Kecerdasan Buatan ini merupakan inovasi baru dibidang ilmu pengetahuan. Mulai ada sejak muncul komputer modern, yakni pada 1940 dan 1950. Ini kememampuan mesin elektronika baru yang menyimpan sebesar jumlah info, juga memperoses dengan kecepatan sangat tinggi menandingi kemampuan manusia. Pada abad ke 17 sampai ke 19. Pentingnya Kecerdasan Buatan menjadi nyata bagi negara-negara yang berperan sejak tahun1970. Para pemimpin negara yang mengakui ptensialnya Kecerdasan Buatan mengharap mendapat persetujuan jangka panjang untuk sumber-sumber yang memerlukan dana intensif. Jepang adalah yang pertama kali melakukan itu. Negara ini mengembngkan program yang sngat berambisi dalam penelitian Kecerdasan Buatan.
- Sub disiplin ilmu dari kecerdasan buatan: a. Sistem Pakar (Expert System); b. Pengolahan bahasa alami (Natural Languange Processing) yaitu pembuatan program yang memiliki kemampuan memahami bahasa manusia; c. Penegenalan Ucapan (Speech Recognitiong) adalah suatu penegmbangan teknik dan sistem yang memungkinkan komputer untuk menerima masukan berupa kata-kata yang diucapkan; d. Robotika dan sistem sensor (Robotics and Sensory Systems) adalah ilmu pengetahuan dan teknologi rekayasa robot dan desain, manufaktur, aplikasi dan disposisi structural robotika berhubungan dengan elektronik mekanika dan perangkat lunak; e. Computer Vision adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari bagaimana komputer dapat mengenali objek yang diamati atau diobservasi; f. Intelegent Computer_Aidedd Instruction adalah digunakan sebagai tutor yang dapat melatih dan mengajar; g. Game Playing adalah kegaiatan permainan yang kompleks yang didalamnya terdapat permainan.
- Contoh Penggunaan Sistem Kecerdasan Buatan: a. Teknik Serching digunakan untuk pencarian rute optimum untuk memandu seseorang diperjalanan, Contoh: Penggunaan Global Positioning System (GPS), si penumpang tinggal menyebut nama tempat tujuan lalu sopir memasukan nama tempat tujuan kedalam sistem seketika terliahat rute jalan yang harus dilalui dan sopir tinggal mengikuti panduan sistem kapan harus belok kanan atau kiri; b. Teknik Reasoning digunakan untuk melakukan penalaran terhadap suatu masalah yang dialami manusia, Contohnya: sebuah super computer bernama Deep Blue dapat menganalisis semua keadaan yang mungkin dari sebuah papan catur beberapa langkah ke depan dapat menganalisis lebih dari 200 juta posisi setiap detik (catatan: pada bulan Mei 1997 Deep Blue berhasil mengalahkan Gary Kasparov Juara Dunia Catur), dan dalam dunia kedokteran telah dibangun sebuah software yang disebut Medic Ware yang dikunakan untuk merekam catatan medis pasien. Medic Ware dilengkapi dengan ribuan pengetahuan tentang jenis, merek, efek samping dan interasi berbagai jenis obat-obatan; c. Teknik Planing digunakan untuk melakukan perencanaan untuk suatu masalah yang hendak diselesaikan, Contohnya: Optimum-AIV adalah suatu planner yang digunakan oleh European Space Agency untuk assembly atau perakitan, integration atau penggabungan dan verification (AIV) pesawat terbang; e. Teknik Learning digunakan untuk membuat mesin-mesin otomatis melalui proses pembelajaran dan pelatihan sedemikian rupa hingga bisa menjadi cerdas layaknya manusia. Teknik ini telah diterapkan pada berbagai bidang, seperti transportasi, speech processing, computer vision, robotics dan sebagainya. Contohnya: Sebuah mobil bisa berjalan sendiri tanpa disetir oleh manusia. Hal ini dimungkinkan karena sistem pengendali otomatis telah dirancang sedimikian rupa dengan jariangan syaraf tiruan (JST) yang dilatih dengan berbagai kondisi jalan raya yang ditangkap melalui kamera yang telah diletakan didalam mobil.
- Soft Computing adalah sekumpulan teknik-teknik perhitungan dalam ilmu komputer intelegensia semu, machine learning dan beberapa ilmu teknik lainnya, yang berusaha untuk mempelajari atau memodelkan dan menganalisa fenomena yang sangat rumit. Soft Computing berusaha untuk mengintegrasikan beberapa paradigma model perhitungan meliputi: Fuzy Logic, Artificial Neural Network, Probabilistic Reasoning, Evolutionary Computation dan Generic Algorithm. Contohnya: AC yang hanya hidup seketika, AC dapat merasakan adanya panas dari sensornya dan TV yang menggunakan "Eye Recognition" dimana TV tersebut akan shut down otomatis ketika sipengguna telah memejamkan mata dan tertangkap sensor TV.
Sekian dan Terimakasih
Semoga bermanfaat
Sumber:
Azmi, Zulfian. & Verdi Yasin. (2017). Pengantar Sistem Pakar dan Metode Hal 1-10, Jakarta: Mitra Wacana Media
https://syahrulzzadie.blogspot.com/2014/10/pengertian-soft-computing.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Pengenalan_ucapan
The Best Slot Machines for Playing Blackjack | Dr.MCD
BalasHapusThe best blackjack 삼척 출장안마 games · 1. Craps · 2. Live Casino 대전광역 출장마사지 · 3. 삼척 출장샵 Online Blackjack. Live 영천 출장마사지 Casino · 4. 부천 출장마사지 The Stud Poker · 5. Live Blackjack.