Minggu, 21 Juli 2019

Dasar Sistem Pakar - Pengertian Sistem Pakar Menurut para Ahli

https://nyuitinkata13.blogspot.com/p/tutorial.html

Apa itu sistem pakar?
Sistem Pakar pada dasarnya mencakup beberapa persoalan mendasar, antara lain siapa yang disebut pakar, apa yang dimaksud dengan keahlian, bagaimana keahlian dapat ditransfer, dan bagaimana sistem bekerja. Pakar adalah orang yang memiliki pengetahuan, penilaian, pengalaman, metode khusus, serta kemampuan untuk menerapkan bakat ini dalam memberi nasihat dan memecahkan masalah. Pakar biasa memiliki beberapa konsep umum. Pertama, harus mampu memecahkan persoalan dan mencapai tingkat performa yang secara signifikan lebih baik dari orang kebanyakan. Kedua, pakar adalah relatif. Pakar pada satu waktu atau satu wilayah mungkin tidak menjadi pakar diwaktu wilayah atau waktu lain.
Biasanya pakar manusia mampu melakukan hal berikut: mengenali dan merumuskan persoalan, memecahkan persoalan dengan cepat dan tepat, menjelaskan solusi tersebut, belajar dari pengalaman, menyusun ulang pengetahuan, membagi-bagi aturan jika diperlukan, menetapkan relevansi keahlian adalah kemampuan ekstensif yang spesifik terhadap tugas yang dimiliki pakar. Keahlian sering dicapai dari pelatihan, membaca dan mempraktikan. Keahlian mencakup pengetahuan eksplisit, teori yang dipelajari dari buku dan implisit pengetahuan yang didapat dari pengalaman.
Pengembangan sistem pakar dibagi menjadi dua generasi. kebanyakan sistem pakar generasi pertama menggunakan aturan jika-maka untuk merepresentasikan dan menyimpan pengetahuannya. Sistem pakar generasi kedua jauh lebih fleksibel dalam mengadopsi banyak representasi pengetahuan dan metode pertimbangan. Pengalihan keahlian dari para ahli ke media elektronik seperti komputer untuk kemudian dialihkan lagi pada orang yang bukan ahli, merupakan tujuan utama dari sistem pakar. Proses ini membutuhkan 4 aktivitas yaitu: tambahan pengetahuan (dari para ahli atau sumber-sumber lainnya), representasi pengetahuan (ke komputer), inferensi pengetahuan, dan pengalihan pengetahuan ke user. Pengetahuan yang disimpan di komputer disebut sebagai basis pengetahuan, yaitu: fakta dan prosedur (biasanya berupa aturan). Salah satu fitur yang harus dimiliki oleh sistem pakar adalah kemampuan untuk menalar. Jika keahlian-keahlian sudah tersimpan sebagai basis pengetahuan dan tersedia program yang mampu mengakses basis data, maka komputer harus dapat di program untuk membuat inferensi.

Pengertian Sistem Pakar Menurut para Ahli 
Sistem pakar adalah suatu cabang dari AI yang membuat penggunaan secara luas knowledge yang khusus untuk penyelesaian masalah tingkat manusia yang pakar. Menurut Arhami, 2004.
Sistem pakar suatu cabang dari Artificial Intelegence (AI) yang cukup tua karena sistem ini mulai dikembangkan pada tahun 1960. Sistem pakar adalah program AI dengan basis pengetahuan (Knowledge Base) yang diperoleh dari pengalaman atau pengetahuan pakar atau ahli dalam memecahkan persoalan pada bidang tertentu dan didukung mesin Interensi/Inferensi Engine yang melakukan penalaran atau pelacakan terhadap sesuatu atau fakta-fakta dan aturan kaidah yang ada dibasis pengetahuan setelah dilakukan pencarian sehingga dicspsi kesimpulan. Menurut Siswanto, 2010.
Sistem pakar merupakan salah satu bidang kecerdasan buatan (Artificial Intelegence), definisi sistem pakar itu sendiri adalah sebuah program komputer yang dirancang untuk mengambil keputusan seperti keputusan yang diambil oleh seorang pakar, dimana pakar menggunakan pengetahuan (knowledge), fakta dan teknik berfikir dalam menyelesaikan masalah-masalah yang biasanya hanya dapat diselesaikan oleh seorang pakar dari bidang yang bersangkutan. Menurut Wijaya, 2007.
Sistem pakar merupakan salah satu bidang teknik kecerdasan buatan yang cukup diminati karena penerapannya diberbagai bidang baik bidang ilmu pengetahuan maupun bisnis yang terbukti sangat luas penerapannya. Sistem pakar adalah suatu sistem komputer yang dirancang agar dapat dilakukan penalaran seperti layaknya seorang pakar pada suatu bidang keahlian tertentu. Menurut Shelly, 1990; Setiawan, 1993; Margianti, 1995.
Sistem pakar adalah sistem yang menggunakan pengetahuan manusia diamana pengetahuan tersebut dimasukkan ke dalam sebuah komputer dan kemudian digunakan untuk menyelesaikan masalah yang membutuhkan kepakaran atau keahlian manusia. Turban, 2001.
Sistem pakar adalah program komputer yang merepresentasikan dan melakukan penalaran dengan pengetahuan beberapa pakar untuk memecahkan masalah atau memberikan saran. Jackson, 1999.
Sistem pakar adalah program yang berbasiskan pengetahuan yang menyediakan "kualitas pakar" kepada masalah-masalah dalam bidang (domain) yang spesifik. Luger & Stubbefield, 1993. 


Terimakasih dan Semoga bermanfaat.

Sumber:
Hayadi, B. Herawan, S. Kom., M. Kom,. & Prof. Dr, Kasman Rukun. (2016). What Is Expert System. Yogyakarta: Deepublish
Azmi, Zulfian, S.T., M. Kom,. & Verdi Yasin, S. Kom,. M. Kom,. (2017). Pengantar Sistem Pakar dam Metode (Intruduction of Expert System and Methods). Jakarta: Mitra Wacana Media.
Share: 

0 komentar:

Posting Komentar