Jumat, 26 Juli 2019

Soal dan Jawaban Mengenai Sistem Pakar Part 3

 

Hai... Teman-teman balik lagi nih di sekmen jawab soal mengenai sistem pakar...
Hmmm.... Tak terasa yaa... udah nyampe part3 aja hehehe... ok langsung aja tanpa banyak omong kita mulai...

SOAL & JAWABAN

Jelaskan definisi dari representasi pengetahuan?
Merupakan cara untuk menyajikan pengetahuan yang diperoleh ke dalam suatu skema (diagram) tertentu sehingga dapat diketahui relasi antara suatu pengetahuan dengan pengetahuan lain yang dapat dipakai untuk menguji kebenaran penalarannya.

Sebutkan dan jelaskan Hierarky Knowledge?
 
Gambar Hierarky Knowledge
Meta Knowledge, merupakan knowledge (pengetahuan) dan keahlian.
Knowledge (Pengetahuan), adalah fakta atau keadaan yang timbul karena suatu pengalaman.
Informasi, adalah sekumpulan data atau fakta yang telah diperoses dan dikelola sedemikian rupa sehingga telah menjadi sesuatu yang mudah dimengerti serta bermanfaat bagi penerimanya.
Data, adalah sekumpulan keterangan yang diperoleh dari suatu pengamatan yang berupa angka, lambang atau sifat. (Kuswandi dan E. Mutiara).
Noise, yaitu data yang masih kabur.

Jelaskan yang dimaksud jaringan semantik?
Merupakan teknik representasi pengetahuan yang digunakan untuk menggambarkan data dan informasi, yang menunjukan hubungan antara objek.
Jaringan Semantik
Gambar Jaringan Semantik

Jelaskan yang dimaksud konsep frame?
Frame pertama kali ditemukan oleh Marvin Minsky pada tahun 1970. Menurut Minsky, frame dapat dipandang sebagai struktur data yang digunakan untuk merepresentasikan pengetahuan yang didasarkan pada karakteristik yang sudah dikenal, yang merupakan pengalaman-pengalaman

Jelaskan elemen utama dari sistem produksi?
Ada 3 elemen utama dari sistem produksi, yaitu:
Database Global, merupakan data utama dari sistem produksi. Database mempunyai jangkauan dari sebuah daftar sederhana atau matriks kecil hingga kompleksan, relasi dan struktur indeks.
Kaidah Produksi, mempunyai bagian kondisi (IF) dan aksi (THEN). Jika sisi kiri dinamakan kondisi atau premis yang dipenuhi oleh database, maka kaidah-kaidah dapat diterapkan dan subjek menjadi pemicu bagi ssitem kontrol.
Sistem Kontrol, merupakan program penterjemah yang essensial untuk mengontrol urutan dimana kaidah-kaidah dipicu dan menyelesaikan konflik jika lebih dari 1 kaidah yang diaplikasikan. Sistem kontrol secara berulang-ulang mengaplikasikan kaidah untuk database sehingga sebuah gambaran dari tujuan yang dihasilkan.

Terimakasih dan Semoga Bermanfaat..

<<-Sebelumnya       Selanjutnya->>

Sumber.
Azmi, Zulfian, S.T., M. Kom,. & Verdi Yasin, S. Kom,. M. Kom,. (2017). Pengantar Sistem Pakar dam Metode (Intruduction of Expert System and Methods). Jakarta: Mitra Wacana Media.
Rosnelly, Rika. (2012). Sistem Pakar konsep dan teori. Yogyakarta: ANDI
http://lutfiatulm.blogspot.com/2013/03/representasi-pengetahuan.html
https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-informasi.html
https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/pengertian-data.html

Share: 

0 komentar:

Posting Komentar